Saturday 19 December 2015

Binis online

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamu'alaykum......

Wuiiih lama banget ya aku gak posting, sampe sampe lupa sama isi blog, Hehe.... Nah, mumpung lagi nyante & ada ide, aku mau posting dikit. Kali ini aku mau posting tentang Bisnis Online, Bisnis Online saat ini lagi booming banget, banyak yang nyari peruntungan dibidang ini. Bahkan, banyak pedagang yang biasa berjualan secara langsung, kini beralih ke Bisnis Online. Tak heran, toko online maupun group lapak menjamur di dunia maya, khususnya di jejaring sosial, contohnya group Usaha Mandiri punyaku [promo dikit,hehe...]. Tapi apa sih sebenernya Bisnis Online itu? Yuuk, kita cari tahu bersama, aku juga belum faham kok, hehe.....

Menurut Wikipedia, Bisnis Online atau Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-commerce atau Bisnis Online ada beberapa macam, diantaranya adalah :
  1. Iklan Baris, merupakan salah satu bentuk e-commerce yang tergolong sederhana, bisa dianggap sebagai evolusi dari iklan baris yang biasanya ditemui di koran-koran ke dalam dunia online. Penjual yang menggunakan social media atau forum untuk beriklan, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan. Namun penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung untuk bertransaksi. Contoh iklan baris: OLX.co.id (sebelumnya Tokobagus), Berniaga, dan FJB-Kaskus.
  2. Retail, merupakan jenis e-commerce yang dimana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk. Contoh retail: Berrybenzka, Zalora, dan Lazada.
  3. Marketplace, bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan. Marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Jadi setiap terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.
Bagi yang ingin Bisnis Online, tapi gak punya modal atau gak punya barang yang dijual bisa mencoba cara dropship. Dropship adalah salah satu sistem jual beli online, untuk menjalankan sistem ini dropshipper [orang yang melakukannya] tidak memerlukan modal sepeserpun, karena tidak menyediakan stok barang. Dropshipper hanya menawarkan informasi barang, seperti gambar, harga & spesifikasinya, jika konsumen tertarik untuk membeli, barang akan dikirim langsung dari pihak supplier atau distributornya. Lalu darimana Dropshipper memperoleh barang? Mereka bisa memperolehnya dari supplier atau distributor. Tapi bila Dropshipper sulit untuk mencari supplier atau distributor, mereka bisa mencarinya di website marketplace [lihat macam Bisnis Online yang nomer 3]. Diantara website marketplace yang terkenal & terpercaya adalah cakning.

http://cakning.com/?sp=BO626

Di cakning terdapat banyak sekali supplier atau vendor yang bergabung, sehingga stok barang yang tersedia melimpah. Selain itu proses pendaftarannyapun gampang gak ribet, jadi begitu selesai mendaftar, bisa langsung memilih barang yang akan dipromosikan kepada konsumen, bila tertarik bisa langsung klik disini

http://cakning.com/?sp=BO626 



Cak Ning

Nah, itulah tadi sedikit postingan tentang Bisnis Online, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources