Friday 25 December 2015

Pengertian pulsa

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaykum.....

Hari gini siapa sih yang gak tau pulsa, sesuatu yang gak tampak tapi besar banget manfaatnya, mungkin kalo boleh dibilang pulsa sekarang itu sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok, ya gak? Mulai dari orang kaya, miskin, tua & muda, semua butuh pulsa. Dan hal ini sangatlah prospek bila dijadikan usaha, maka tak heran saat ini banyak provider yang berlomba lomba untuk bisa menguasai pasar. Di Indonesia ada 3 provider raksasa yang menguasai pasar, yaitu :
- Telkomsel, dengan produknya kartu Simpati, Hallo & AS.
- Indosat, dengan produknya kartu Mentari, M3 & M2
- XL, dengan produknya kartu XL & Axis (yang baru saja bergabung).
Selebihnya seperti 3, Smartfren, Esia & yang lain hanyalah provider yang berebut sisa pelanggan dari provider provider besar. Bisnis pulsa bisa dikatakan gampang gampang susah. Gampangnya, tiap orang bisa melakukannya tanpa perlu modal besar, bisa dilakukan kapanpun & dimanapun. Susahnya, kalo pas ada gangguan dari provider, kalo ini terjadi, maka pulsa akan lama terkirim, bahkan mungkin tidak masuk ke handphone. Belum lagi keuntungan yang didapat tidaklah seberapa. Makanya bila ingin bisnis pulsa kalo bisa jangan hanya pulsa saja, tapi juga menjual handphone & aksesoriesnya agar keuntungan yang didapat bisa lebih besar.

Ya sudahlah, sekarang aku bukan mau membahas tentang harga & keuntungan dari usaha pulsa, biarlah itu jadi urusan tukang pulsa, termasuk aku, hik hik hik..... Sekarang aku pengen coba bahas tentang apa sih sebenernya pulsa itu? Hal ini sudah lama pengen aku bahas, tapi karena sulit banget cari refrensinya ke sana ke mari, baru sekarang bisa bisa kesampaian. Tanpa basa basi lagi, sekarang aku mulai....

Menurut Wikipedia, pulsa (bahasa Inggris: mobile payment) adalah pembayaran bagi barang atau jasa menggunakan perangkat bergerak seperti telepon genggam atau PDA. Pembayaran sejenis ini dapat merujuk kepada pembayaran menggunakan pulsa telepon genggam maupun pembayaran menggunakan telepon genggam yang dapat berkomunikasi dengan perangkat tujuan dengan memanfaatkan teknologi nirkabel seperti Near Field Communication.

Sedangkan menurut sebuah sumber di Kaskus, pulsa adalah satuan perhitungan biaya telepon yang kita bayar di depan untuk dapat menggunakan layanan dari para penyedia layanan (provider). Kalau pulsa prabayar, itu adalah hitungan seberapa besar jasa yang bisa dinikmati pengguna telepon seluler, yang dibatasi oleh rupiah. Kita pasti penasaran, bagaimana cara membuat pulsa? Pulsa tidak dibuat, itu hanyalah hitungan jasa layanan yang dilakukan operator telepon seluler yang dirupiahkan. Sama seperti kalo kita ngenet di warnet.  Secara teori, pulsa yang bisa beredar di dunia ini tidak ada batasnya, tapi kalo pulsa yang beredar per detik itu bisa terbatas, tergantung dari kapasitas operator dan satelit.

Pulsa ada yang berbentuk
- fisik (voucher) : kartu yang berisi kode pengisian pulsa
-
non fisik (elektrik) : pulsa yang langsung ditransfer melalui media elektronik (server pulsa).

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan tentang pulsa, semoga postingan kali ini bermanfaat, terima kasih...

Wassalamu'alaykum......



0 comments:

Post a Comment

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources